PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Laeli, Asih Setiyani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laeli Asih Setiyani_Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SMP Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika, yang memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya hafalan, namun lebih dari itu dengan pemahaman siswa lebih mengerti akan konsep materi pembelajaran itu sendiri. Salah satu faktor pendukung pembelajaran adalah media pembelajaran. Kadangkala dalam pembelajaran, guru menggunakan media alat peraga yang tentunya itu sudah biasa. Justru siswa cenderung tidak tertarik dan tidak paham, bahkan siswa cenderung tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru, sehingga pembelajaran menjadi tidak optimal. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan peneliti membuat media pembelajaran komik digital, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa melalui media pembelajaran komik digital pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen, yang mana materi ini termasuk dalam materi kelas VIII semester genap yang memerlukan kemampuan pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu Ressearch and Development dengan quasi experiment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Validitas Media Pembelajaran Komik Digital valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan presentase 86,67%, ahli media pembelajaran dengan presentase 81%, validasi ahli soal dengan presentase 84%, penilaian guru dengan presentase 80,89%, penilaian siswa uji coba terbatas dengan presentase 85,83% dan penilaian siswa uji coba lapangan dengan presentase 83,89%. Selanjutnya efektivitas media pembelajaran komik digital dinyatakan efektif meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen dengan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,48 yang lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,11 yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan signifkansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Pemahaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Laeli Asih Setiyani
Date Deposited: 05 Nov 2020 12:22
Last Modified: 05 Nov 2020 12:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item