KUASA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL KHALIEQY (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK)

LAILATUL KHOIROH, NIM. 1223102007 (2016) KUASA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL KHALIEQY (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LAILATUL KHOIROH (KUASA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL KHALIEQY (ANALISIS WACANA TEU~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Novel “Akulah Istri Teroris” merupakan karya ke-14 dari seorang sastrawan Abidah El Khalieqy yang mengangkat tema kehidupan istri teroris yang selalu distereotipkan oleh masyarakat termasuk di dalamnya mereka yang menggunakan cadar. Sehingga mereka terus berusaha untuk merebut hak-haknya sebagai perempuan. Novel ini menarik untuk diteliti karena berdasarkan realitas yang terjadi dan belum banyak diketahui masyarakat luas, sehingga dari sisi kita dapat mengetahui ideologi dan konstruksi wacana yang ingin disampaikan oleh pengarang. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan wacana Teun A. Van Dijk. Van Dijk membaginya kedalam tiga dimensi, yaitu dimensi teks yakni meneliti struktur dalam teks, kognisi sosial yang merupakan pandangan, pemahama dan kesadaran mental pengarang, dan konteks sosial yakni terkait wacana yang berkembang dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap informasi dalam kalimat pada novel “Akulah Istri Teroris” adalah saling berhubungan dan memiliki unsur-unsur koherensi sehingga terbentuklah struktur wacana berupa bentuk dan makna. Selain itu informasi dikemas dalam gaya bahasa yang menarik dan sederhana. Tokoh digambarkan memiliki karakter yang kuat. Analisis wacana yang dikembangkan Van Dijk menemukan informasi bahwa novel “Akulah Istri Teroris” merupakan salah satu media untuk merepresentasikan tentang keadaan istri teroris yang selalu mendapat stigmatisasi dari berbagai rumitnya permasalahan yang terjadi, namun para perempuan ini memiliki ketegaran dan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Istri Teroris, Cadar, Stereotip, dan Hak-hak Perempuan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:19
Last Modified: 23 Aug 2016 02:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item