PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG

Salsabila, Salsabila (2020) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Salsabila_Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Koneksi Mate.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Matematika memiliki dua visi utama, yaitu visi yang mengarah pada pengembangan untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan kebutuhan masa yang akan datang. Maka dapat dikatakan bahwa matematika adalah bidang studi yang penting baik dalam pembelajaran di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai pembelajaran matematika yang maksimal maka tujuan pembelajaran matematika yang ada harus dicapai. Tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai jika peserta didik menguasi kompetensi dan kemampuan matematis. Salah satu kemampuan dan kompetentsi matematis yang penting adalah kemampuan penalaran matematis. Penalaran matematis merupakan pondasi dalam mengkonstruktur pengetahuan matematika. Penalaran matematis tidak hanya sekedar mengingat fakta, aturan, dan langkah-langkah penyelesaian masalah tapi juga memperoleh pemahaman konsep yang saling berkaiatan dengan pengalaman. Mengaitkan pengalaman dengan konsep ini, dapat ditemukan dalam kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng sebesar 11,8%. Ini artinya selain kemampuan koneksi matematis terdapat 88,2% faktor lain yang mempengarhui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelaran Matematis, Koneksi Matematis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:22
Last Modified: 27 Oct 2020 04:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item