EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2010/2011

Eka Susilowati, 082334034 (2011) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Eka Susilowati_EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Evaluasi dalam pendidikan Islam merupakan cara atau teknik penilaian terhadap tingkah laku peserta didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifat komperhensif dari seluruh aspek-aspek kehidupan mental psikologis dan spiritual religius peserta didik (Armai Arif, 2002: 53). Dalam dunia pendidikan tidak dikenal adanya stagnansi, semuanya mengenal perubahan dan senantiasa berubah dari masa ke masa. Perubahan kurikulum dari kurikulum berbasis isi (content based curriculum) ke kurikulum berbasis kompetensi (competency based curriculum) atau yang sekarang lebih kita kenal dengan kurikulum 2004. Perubahan kurikulum ini berimbas kepada perubahan paradigma dalam dunia pendidikan baik dari segi proses pembelajaranya maupun system penilainya. Perubahan kurikulum tersebut membawa implikasi terhadap cara guru mengajar, memperlakukan peserta didik maupun cara guru dalam melakukan system penilaian terhadap peserta didik. Perubahan penilaian yang dimaksud adalah penilaian dari pendekatan norma ke penilaian yang menggunakan acuan kriteria atau standar, yaitu aspek yang menunjukan seberapa kompetensi yang dimiliki peserta didik menguasai materi yang telah diajarkan. Pergantian kurikulum dari KBK menjadi KTSP memungkinkan adanya perubahan sistem evaluasi. Paling tidak guru harus mempunyai pendukung dengan persiapan yang matang dalam proses evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru di STM 75 1 Purwokerto. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengambil subjek yaitu guru matapelajaran pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisa. Selanjutnya data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Dalam merencanakan program evaluasi guru Pendidikan Agama Islam didukung dengan lima aspek perencanaan, diantaranya tujuan evaluasi, menyusun kisikisi soal, menentukan banyak sedikit soal, penulisan soal dan penelaahan soal. Selain merencanakan program evaluasi, guru Pendidikan Agama Islam juga mempunyai jenis pengukuran dalam penilaian. Adapun lima jenis pengukuran dalam evaluasi di antaranya dengan ulangan harian, tes lisan, ulangan blok, tugas kelompok dan tugas individu. Jadi peroses pengukuran evaluasi di atas yang bersumber pada lima aspek tersebut dapat mengacu peserta didik dalam melaksanakan pengukuran evaluasi yang tujuannya adalah memperoleh nilai evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam secara signifika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 19 Aug 2016 08:22
Last Modified: 19 Aug 2016 08:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item