Peran Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Melalui Variasi Media Pembelajaran Di RA Muslimat NU Masyithoh 01 Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas

Afriani, Hidayah (2020) Peran Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Melalui Variasi Media Pembelajaran Di RA Muslimat NU Masyithoh 01 Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB 1_BAB 5_Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Afriani Hidayah_Peran Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Melalui Variasi Media Pembelajaran Di RA Muslimat NU Masyithoh 01 Sokaraja.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menstimulasi motorik halus anak melalui variasi media pembelajaran serta tugas dan tanggungjawab guru di RA Muslimat NU Masyithoh 01 Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan data verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menstimulasi motorik halus anak melalui variasi media pembelajaran di RA Muslimat NU Masyithoh 01 Sokaraja Kulon adalah: 1) Sebagai pembimbing, yang membantu dan mengarahkan anak dalam menggunakan variasi media pembelajaran, 2) Sebagai pelatih, yang melatih koordinasi mata dan tangan anak dalam menggunakan variasi media pembeajaran, 3) Sebagai fasilitator, yang memberi kemudahan pada anak dan menyediakan berbagai media pembelajaran, 4) Sebagai evaluator, yang melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran anak, baik melalui ketepatan, kecepatan, kecekatan, ketelitian ataupun ketelatenan anak dalam menggunakan variasi media pembelajaran. Bentuk aktivitas kegiatan motorik halus yang dilakukan di RA yaitu menggambar, mewarnai, melipat kertas origami, menggunting, meronce, mencap, membentuk, menyusun puzzle, membatik, mencocok, dan meraba. Hasil yang diperoleh anak di rumah setelah mendapat stimulasi oleh guru di RA adalah: 1) Anak mampu memegang sendok dengan benar ketika makan, 2) Anak mampu mengancing baju dengan tepat, dan 3) Anak mampu mengikat tali sepatu dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motorik Halus, Variasi Media Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Afriani Hidayah
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:03
Last Modified: 21 Oct 2020 02:03
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item