PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS 5 DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

NUR LATIFUR ROHMAN, 102335057 (2015) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS 5 DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstraksi.docx - Submitted Version

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
ALI MAKHSUS_1123306120.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy

Abstract

Media merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan menggunakan media diharapkan siswa lebih mudah dalam memehami materi yang di sampaikan oleh guru. Selain itu proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa semakin tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. MI Ma’arif NU Kalisalak Menggunakan Media Audiovisual dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS pada kelas 5 di MI Ma’arif NU Kalisalak?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS pada Kelas 5 di MI Ma’arif NU Kalisalak apakah sudah sesuai dengan criteria pemilihan media dalam pembelajaran. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penggunaan media Audiovisual untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitiian ini adalah penelitian lapangan (Field Resheacrh) yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan penggunaan Media Audiovisual. Objek dalam penelitian ini adalah Media Audiovisual dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas 5 MI Ma’arif NU Kalisalak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Media audiovisual dalam pembelajaran IPS sudah sesaui dengan teori yang penulis tulis pada bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketunntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menggunakan Media Audiovisual di MI Ma’arif NU Kalisalak meliputi kegiatan persiapan seperti menyusun RPP, Prota, Promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS menggunakan Media Audiovisual serta evaluasi yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian penggunaan media audiovisual tersebut sudah berjalan evektif terbukti denga peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikkuti proses pembelajarannya. Dalam penggunaannya guru menggunakan variasi. Kata Kunci : Media Audiovisual, IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:12
Last Modified: 01 Jun 2016 08:12
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item