IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IVB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PURBALINGGA

RESTUNING, WIDIASIH (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IVB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Restuning Widiasih.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran Index Card Match merupakan cara aktif yang memungkinkan siswa untuk berpasangan dan memberi pertanyaan kuis kepada temannya. Strategi ini cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi ajar yang telah diberikan sebelumnya. Namun materi barupun tetap dapat diajarkan dengan cara ini dengan catatan, siswa diberi tugas mempelajari topik yang akan disampaikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IVB di MI Negeri 1 Purbalingga?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas IVB di MI Negeri 1 Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas IVB, siswa kelas IVB, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah mengiplementasikan strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IVB di MI Negeri 1 Purbalingga melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang terdapat dalam RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberi motivasi, memusatkan perhatian dan pembiasaan sebelum pembelajaran. kegiatan inti guru mengimplementasikan strategi pembelajaran Index Card Match melalui langkah-langkah dari strategi tersebut. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran. tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis dan tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match, Bahasa Jawa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Restuning Widiasih
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:05
Last Modified: 19 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item