IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANYUMAS

Indriana, Indriana (2020) IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indriana_Implementasi Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Di MIN 1 Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode karyawisata adalah suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa terjun ke objek yang ada kaitannya dengan materi di kelas guna memperluas wawasan siswa sehingga siswa memiliki gambarankeadaan sebenarnya dengan demikian dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk lebih menggali pengetahuan yang masih sangat kurang Rumusan penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi metode karyawisata dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di MIN 1 Banyumas?”. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan implementasi metode karyawisata dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di MIN 1 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Kepala Madrasah, Guru kelas lima dan Siswa kelas lima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah mengiplementasikan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di MIN 1 Banyumas dengan baik. Dalam pelaksanaannya menggunakan tema 6 dan 7 untuk kelas V semester 2. Adapun langkah-langkah implementasi metode karyawisata dalam pembelajaran tematik di MIN 1 Banyumas adalah langkah pertama persiapan, meliputi kegiatan merencanakan tujuan karyawisata dan materi serta lokasi dalam menerapkan metode karyawisata, kemudian menyiapkan perlengkapan belajar siswa, dan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Langkah kedua yaitu pelaksanaan ysng meliputi kegiatan pengarahan dan bimbingan guru kepada siswa dalam mengamati dan mengumpulkan informasi yang berada di lokasi serta melakukan tindak lanjut (follow up). Langkah ketiga yaitu evaluasi dari pembelajaran tematik berbentuk tes tulis dan tes lisan. Salah satu bentuk dari evaluasi yang dilakukan adalah siswa mencatat hasil temuan yang diamati serta berdiskusi bersama teman sekelompok kemudian menyampaikan hasil laporan karyawisata di depan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Karyawisata, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Indriana I
Date Deposited: 17 Oct 2020 15:53
Last Modified: 17 Oct 2020 15:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8254

Actions (login required)

View Item View Item