INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Ndaru Mega, Pristika (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NDARU MEGA PRISTIKA_INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Banyaknya kerusakan lingkungan dan eksploitasi sumber daya alam yang terjadi akibat ulah manusia mampu mencerminkan bahwa masih banyak manusia yang tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Adapun firman Allah SWT yang terdapat dalam QS. Ar-Rum ayat 41 yang menjelaskan bahwa banyak kerusakan alam baik di darat maupun di lautan akibat ulah manusia, hal tersebut merupakan cerminan dari akhlak manusia yang belum taat terhadap aturan dan larangan dari Allah SWT. Maka dari itu perlu adanya internalisasi nilai-nilai akhlak pada masyarakat sejak usia dini khususnya melalui program pendidikan yaitu mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Dengan adanya program sekolah adiwiyata sebagai wadah pembentukan akhlak siswa terhadap lingkungannya diharapkan mampu menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari dan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak dalam program adiwiyata mandiri di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data yang dibutuhkan berada dilapangan. Penelitian ini memiliki sifat penyusunan deskriptif dan jenis datanya kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah, Ketua Adiwiyata, Waka Kesiswaan merangkap Waka Adiwiyata, Waka Kurikulum, Pembina Kader OPL(Organisasi Pecinta Lingkungan), siswa selaku Ketua OPL(Organisasi Pecinta Lingkungan), dan guru PAI. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak dalam program adiwiyata mandiri di SMA Negeri 1 Ajibarang secara umum sudah mencakup semua pilar adiwiyata, meliputi pilar kebijakan, pilar kurikulum berwawasan lingkungan, pilar aktifitas lingkungan berbasis partisipatif, dan pilar sarana prasarana. Dalam proses internalisasi terdapat beberapa tahapan yaitu transformasi, transaksi, transinternalisasi. Nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan dalam 11 kegiatan pada program adiwiyata mandiri di SMA Negeri 1 Ajibarang yaitu meliputi nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai gotong royong, nilai disiplin, nilai peduli lingkungan, nilai kreatif, nilai hemat, nilai syukur. Sedangkan cara atau metode yang digunakan untuk menginternalisasikkan nilai-nilai akhlak dalam program adiwiyata mandiri meliputi metode pembiasaan, keteladanan, reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Akhlak, Program Adiwiyata Mandiri, SMA Negeri.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ndaru Mega Pristika
Date Deposited: 17 Oct 2020 16:09
Last Modified: 17 Oct 2020 16:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item View Item