PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 01 WINDUAJI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ani Nur Fayanti, 082334011 (2011) PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 01 WINDUAJI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ani Nur fayanti_PEMBINAAN AKHLAK SISWA.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Begitu istimewanya kedudukan akhlak dalam islam, akan tetapi pada kenyataannya ditengah masyarakat kita sering mendapatkan orang yang berperilaku kasar menyakiti hati orang lain, menipu berperilaku buruk yang bertentangan dengan nilai – nilai moral islam. Krisis akhlak memang menjadi tanggung jawab semua pihak terlebih pada lembaga pendidikan. Pendidikan akhlak memang harus diperhatikan sejak dini terutama sejak anak masuk sekolah atau usia sekolah dasar . karena pembinaan akhlak memang harus sedini mungkin agar kelak terbiasa berperilaku yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dalam pembinaan akhlak siswa di SD Negeri 01 Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengambil subyek yaitu guru pendidikan agama islam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menganalisa. Data yang terkumpul penulis menggunakan metode analisis kualitatif dengan model interaktif dengan melakukan kegiatan analisis selama dan sesudah kegiatan kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Pembinaan akhlak yang dilakukan di SD Negeri 01 Winduaji berupa sopan santun terhadap guru, adab belajar didalam kelas, perilaku disiplin, tanggung jawab, perilaku hidup bersih dan shalat berjamaah. Penanaman sopan santun dilakukan dengan cara guru memberikan teladan dan bersikap sopan santun kepada orang lain. Adab belajar didalam kelas dilakukan dengan cara guru membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Perilaku disiplin dan tanggung jawab dilakukan dengan cara guru membiasakan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah dan melaksanakan tugas tepat waktu. Perilaku hidup bersih dilakukan dengan cara membiasakan siswa melaksanakn tugas piket dan membuang sampah pada tempatnya. Shalat berjamaah dibiasakan dengan melaksanaknan shalat dzuhur berjamaah disekolah. Kata kunci : pembinaan akhlak, siswa, SD Negeri 01 Winduaji Keacamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:42
Last Modified: 18 Aug 2016 04:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item