UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 BREBES

Mutiara Awwala, Marroh (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 BREBES. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB 1_PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUTIARA AWWALA MARROH_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 BREBES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di sekolah, terdapat siswa dari latar belakang sekolah yang berbeda. Ada yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dari latar belakang tersebut maka sudah jelas siswa yang berasal dari SMP tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sedangkan siswa dari MTs sudah mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab. Penulis mengambil fokus penelitian pada bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab kelas X di MAN 2 Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaranbahasa Arab siswa kelas X sehingga diperoleh nilai yang dapat menjadi motivasi agar menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian lapangan. Lokasi yang diteliti adalah MAN 2 Brebes. Dengan subjek penelitian guru bahasa Arab kelas X serta siswa kelas X Iis 3 dan X Iis 4. Hasil penelitian tentang upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab kelas X di MAN 2 Brebes, yaitu: 1) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas belajar adalahsangat memperhatikan tahap perencanaan dengan baik, menyampaikan materi sesederhana mungkin agar siswa mudah memahaminya, memperhatikan perilaku siswa secara sama, menggunakan metode yang bervariasi pada setiap pembelajaran bahasa Arab, menggunakan evaluasi pembelajaran; 2) Adapun dampak positif yang diperoleh dari upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab yaitu seluruh peserta didik menjadi lebih termotivasi untuk belajar bahasa Arab, peserta didik yang berasal dari SMP sudah mampu menerima pelajaran bahasa Arab dengan baik, guru menjadi lebih memahami kendala-kendala yang dialami oleh peserta didik; 3) Beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, antara lain masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran bahasa Arab berlangsung, dalam penggunanaan media masih sangat sederhana dan kurang optimal, guru masih kurang dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di Madrasah. Kata kunci: upaya guru, kualitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Mutiara Awwala Marroh
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:23
Last Modified: 16 Oct 2020 03:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8195

Actions (login required)

View Item View Item