PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2013-2014

HANISA SUSILO, NIM. 092331051 (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
HANISA SUSILO_PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan zaman yang generasinya cenderung semakin melakukan tindak penyimpangan tingkah laku, merosotnya moral dan karakter pada siswa. Salah satu contohnya tingkat kenakalan remaja semakin tinggi yaitu tawuran, pencurian dan pergaulan bebas. Dari fenomena tersebut orangtua membutuhkan lembaga pendidikan yang menanamnkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik sedini mungkin. Penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa kelas rendah dalam penelitian ini adalah cara yang dilakukan oleh sekolah dalam menanamkan nilai akhlak kepada siswa kelas rendah. Penanaman nilai-nilai akhlak yang dilakukan secara terus menerus disetiap waktu dan tempat, akan terinternalisasi pada diri siswa pada masa kelas rendah di sekolah dasar maupun di masa yang akan datang Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penyajian data dan analisa data yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini akan menggambarkan proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa kelas rendah SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto dalam rangka penanaman nilai-nilai akhlak kearah yang lebih baik dengan basic religius/pendidikan Islam pada penerima manfaat yang direalisasikan dalam setiap aktifitas sehari-hari penerima manfaat di SD Al- Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto. Dari metode yang digunakan untuk menyajikan data dan analisa data diberikan suatu analisis bahwa pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa kelas rendah SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokertopada umumnya bersesuaian dengan teori yang disampaikan oleh Yunahar Ilyas, yakni tentang cakupanmateriakhlak; Athiyyah Al Abrasyi, yakni tentang model penanaman nilai-nilai akhlak secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai-nilai akhlak dan siswa kelas rendah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:29
Last Modified: 18 Aug 2016 04:29
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item