NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE

SUWARNI, NIM. 102331103 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SUWARNI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman sekarang ini, generasinya cenderung semakin melakukan tindak penyimpangan tingkah laku, merosotnya moral dan karakter pada remaja khususnya peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang kuatnya karakter yang tertanam di dalam hati mereka. Perlu adanya pendidikan karakter yang diberikan kepada mereka sebagai pondasi untuk melandasi akhlaknya. Pendidikan karakter dapat diperoleh dari berbagai media. Salah satu media yang memberikan nilai-nilai (pesan) adalah novel. Selain sebagai media hiburan, novel juga memberikan pelajaran bagi para pembaca. Salah satu novel yang memberikan nilainilai pendidikan karakter bagi para pembacanya adalah novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan (nilai), khususnya nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Moga Bunda Disayang Allah. Dalam penelitian ini, penulis memilih novel Moga Bunda Disayang Allah sebagai objek penelitian karena diasumsikan mempunyai pesan (nilai) tentang pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan berpedoman pada analisis strukturalisme Claude Levi-Strauss yang menganggap bahwa berbagai aktivitas sosial dan hasilnya. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini akan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Moga Bunda Disayang Allah adalah sebagai berikut : Religius (yang meliputi ibadah, berdoa kepada Allah, ikhlas, sabar, selalu bersyukur dan selalu mengingat Allah), Jujur (mengatakan apa adanya), Toleransi (kebebasan dalam memutuskan sesuatu), Disiplin (proses belajar yang kontinu), Kerja Keras (menemukan cara berkomunikasi), Kreatif (berpikir fleksibel dan mempunyai banyak alternatif), Mandiri (berusaha sendiri mendapatkan kesuksesan), Demokrasi (kebebasan pikiran), Rasa Ingin Tahu (ingin mengenal dunia), Menghargai Prestasi (memberi hadiah atas prestasi), Bersahabat (sosial yang baik), Cinta Damai (cinta kerukunan), Gemar Membaca (cinta ilmu), Pantang Menyerah (bangkit dari kegagalan), Peduli Lingkungan (menjaga lingkungan tetap rapi dan bersih), Peduli Sesama (peduli keadaan orang lain), dan Tanggung Jawab (tanggung jawab atas pekerjaan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan karakter, novel Moga Bunda Disayang Allah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:15
Last Modified: 18 Aug 2016 04:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item