PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY (KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KSPPS SURYA UTAMA NUSANTARA MAJENANG

Vina, Anggraeni (2020) PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY (KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KSPPS SURYA UTAMA NUSANTARA MAJENANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vina Nabilya Anggraeni_Pengaruh Relationship Quality (Kepercayaan, Kepuasan, dan Komitmen) Terhadap Loyalitas Anggota KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan relationship marketing melalui kualitas hubungan (relationship quality) yang terdiri dari kepercayaan, kepuasan, dan komitmen yang dibangun oleh KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang untuk anggotanya. KSPPS yang merupakan salah satu sektor jasa yang kinerjanya tergantung pada baik dan buruknya layanan yang diberikan kepada anggota. Semakin baik kualitas hubungan yang diberikan maka semakin mudah KSPPS membangun loyalitas atau kesetiaan anggotanya. Kualitas hubungan merupakan suatu strategi dalam rangka membina hubungan jangka panjang dengan anggotanya.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas hubungan (relationship quality) yang terdiri dari variabel kepercayaan, kepuasan, dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jumlah populasi 7.919 anggota dan sampel 99 anggota dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel relationship quality yang terdiri dari kepercayaan, kepuasan, dan komitmen berpengaruh simultan terhadap Loyalitas Anggota KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang dengan pengaruh sebesar 0,220 atau 22 % dan sisanya 78 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang harus lebih meningkatkan tingkat kepercayaan dan kepuasannya agar harapan yang anggota inginkan terpenuhi, dengan membangun reputasi yang baik dikalangan anggota maupun masyarakat dan anggota tetap ingin berkomitmen kepada KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang sehingga terciptanya loyalitas anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship Quality, Kepercayaan, Kepuasan, Komitmen, Loyalitas.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Vina Nabilya Anggraenis
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:38
Last Modified: 29 Sep 2020 07:38
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item