PELAKSANAAN MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL HIDAYAH PEKUNCEN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

ROIFATUL MUKAROMAH, NIM. 102333020 (2014) PELAKSANAAN MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL HIDAYAH PEKUNCEN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ROIFATUL MUKAROMAH_PELAKSANAAN MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL HIDAYAH PEKUNCEN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Manajemen taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Hidayah Pekuncen merupakan cara mengatur sebuah lembaga pendidikan non formal yang dimuai dari perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi demi tercapainya tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Latar belakang dalam penelitian bahwa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Hidayah Pekuncen mempunyai tujuan mendidik anak bergenerasi qur’ani maka Tama Pendidikan Al-Qur’an memerlukan adanya pengelolaan untuk mecapai tujuan tersebut. Dalam hal ini Taman Pendidikan Al-Qur’an melaksanakan fungsifungsi manajemen dalam kegiatan yang akan dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimna pelaksanaan mmnajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Hidayah Pekuncen Kec.Pekuncen Kab.Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informasi mengenai sumber penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Hidayah dan ustadz/ah. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan pelaksananaan manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Hidayah Pekuncen sudah memenuhi fungsi manajerial. Tahap yang dilakukan mulai dari perencanana program yaitu dengan menyusun kepengurusan TPQ, menggunakan kurikulum sebagai acuan, pembagian jam mengajar, melakukan pengelolaan keuangan dan melakukan Peningkatan Sumber Daya. Pengorganisasian telah dilaksanakan terbukti dengan adanya pembagian wewenang dan tanggungjawab yang jelas yang terbentuk dalam struktur organisasi, pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan tahapannya mulai dari pembentukan kepengurusan TPQ sampai pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengawasan/evaluasi program dilakukan oleh semua pihak, bagi santri dengan adanya absen santri dan Ulangan Tengah Semester/UTS dan Ulangan Akhir Semester/UAS, sedangkan pada ustadz/ah yaitu adanya absens ustadz/ah. Kata kunci : Manajemen, Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:33
Last Modified: 18 Aug 2016 01:33
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item