IMPLEMENTASI STRATEGI DEBAT AKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA KAB. PURBALINGGA

Alfian, Dwi Retmono (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI DEBAT AKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA KAB. PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALFIAN DWI RETMONO_IMPLEMENTASI STRATEGI DEBAT AKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi umat Islam dimana pun berada, baik bagi anak-anak, remaja maupun orang tua. Apalagi bagi anak usia sekolah, maka Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah keharusan. Karena usia anak sangat rentan dan labil maka perlu adanya pondasi agama yang bisa dijadkan pedoman agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi muslim yang mempunyai benteng keimanan dan ketaqwaan yang kokoh. Dalam pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan strategi yang tepat dan menyenangkan. Sehingga materi Pendidikan Agama Islam yang ada dapat diterima dan dipahami anak dengan baik. Lokasi penelitian pada skripsi ini yaitu SMA Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga yang merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada di Kecamata Bukateja, berdasarkan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil yang didapat selalu memuaskan. Hal ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan guru dalam mengemas pembelajaran sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Untuk itu permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi strategi pembelajaran debat aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga?” jadi tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang macam-macam strategi yang diterapkan dan langkah-langka penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field resech). Dan metode yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk analisis non statistic. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. observasi, dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis mengenai implementasi strategi debat aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bukateja maka kesimpulan yang didapat yaitu: Implementasi strategi debat aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bukateja dalam langkah-langkah pembelajarannya, secara umum sudah sesuai dengan teori strategi debat aktif. Hal ini terlihat bagaimana guru Pendidikan Agama Islam melakukan prosedur penggunaan, mulai dari memaknai pengertian strategi debat aktif, memvariasikan strategi debat aktif, menjalankan langkah-langkah strategi mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Langkah-langkah strategi pemelajaran sebagian besar sudah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya. Implementasi strategi debat aktif sudah cukup untuk membuat siswa aktif dalam proses belajar dan membantu mengembangkan potensi siswa khusunya dalam berargument/menyampaikan pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi strategi pembelajaran debat aktif, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Alfian Dwi Retmono
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:16
Last Modified: 27 Aug 2020 02:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item