STRATEGI MTS NEGERI 1 BANYUMAS DALAM MEWUJUDKAN STANDARISASI PERPUSTAKAAN BERDASARKAN PERATURAN KEPALA PERPUSTAKAAN NOMOR 11 TAHUN 2017

Fitri, Nurul Falah (2020) STRATEGI MTS NEGERI 1 BANYUMAS DALAM MEWUJUDKAN STANDARISASI PERPUSTAKAAN BERDASARKAN PERATURAN KEPALA PERPUSTAKAAN NOMOR 11 TAHUN 2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITRI NURUL FALAH_STRATEGI MTS NEGERI 1 BANYUMAS DALAM MEWUJUDKAN STANDARISASI P.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan Strategi MTS Negeri 1 Banyumas dalam mewujudkan standarisasi perpustakaan berdasarkan peraturan kepala perpustakaan nomor 11 tahun 2017. Standarisasi perpustakaan merupakan pemenuhan dan kesesuaian segala sesuatu yang berhubungan dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah strategi standarisasi perpustakaan berdasarkan peraturan kepala perpustakaan nomor 11 tahun 2017. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari hasil penlitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Strategi standar koleksi perpustakaan, (Menyediakan buku paket, buku pendamping untuk siswa dan guru, Menyediakan buku fiksi dan non fiksi). 2). Strategi standar sarana dan prasarana perpustakaan (Berupaya untuk mewujudkan adanya gedung/ruang perpustakaan yang sesuai dengan adanya standar perpustakaan, Melengkapi sarana untuk perpustakaan , selain itu juga dilakukan adanya area untuk perpustakaan), 3). Strategi standar pelayanan perpustakaan (Membuat program yang diadakan oleh perpustakaan untuk menigkatkan jumlah kunjungan siswa, mengutamakan pelayanan kepada seluruh pemustaka), 4). Strategi standar tenaga perpustakaan (Menambahkan jumlah pengelola perpustakaan, mengangkat pegawai negeri sipil), 5). Strategi standar penyelenggaraan perpustakaan (Program kerja tahunan yang dibuat mengikuti program tahunan dari program tahunan madrasah, membuat struktur organisai sesuai dengan struktur organisasi yang ada di perpustakaan), 6). Stratgi standar pengelolaan perpustakaan (Membuat visi misi perpustakaan, madrasah memberikan anggaran kepada perpustakaan). Pada strategi yang diterapkan juga mempunyai hambatan. Berikut ini hambatan yang ada diantaranya: 1). Hambatan standar koleksi (Perpustakaan tidak melakukan adanya cacah ulang dan penyiangan koleksi, kurangnya sosialisasi kepada siswa terkait degan alur peyampaian informasi atau saran terkait dengan perpustakaan, 2). Hambatan standar sarana dan prasarana (Barang yang ada terutama dari segi prasarana merupakan produk tahun 1994, ruang perpustakaan yang dijadikan satu seperti area kerja, area koleksi, area multimedia, 3). Hambatan standar pelayanan perpustakaan (Belum adanya lomba-lomba yang dilakukan oleh pihak perpustakan, pengelola perpustakaan tidak mengikuti tidak mengikuti adanya forum kepustakaan, kurangya melakukan prmosi perustakaan untuk meningkatkan pemustaka yang datang, 4). Hambatan standar tenaga perpustakaan (Pengola perpustakaan bukan jurusan kepustakaan) 5). Hambatan standar penyelenggaraan perpustakaan (Tidak mempuyai NPP) 6). Hambatan srandar pengelolaan perpustakaan (Anggaran yang diberikan oleh perpustakaan berbeda-beda setiap tahunnya menyebabkan jumlah oleksipun berbeda). Kata Kunci: Strategi standar perpustakaan, Peraturan kepala perpustakaan nomor 11 tahun 2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Standar perpustakaan, Peraturan kepala peperustakaan nomor 11 tahun 2017
Subjects: 000 Generalities > 010 Bibliography
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Fitri Nurul Falah
Date Deposited: 23 Aug 2020 14:03
Last Modified: 23 Aug 2020 14:03
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item