IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 MREBET KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DWI NUGROHO APRIANI, NIM. 1123308066 (2016) IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 MREBET KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DWI NUGROHO APRIANI_IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis untuk mengatahui implementasi evaluasi portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Mrebet Purbalingga. Evaluasi portofolio merupakan jenis penilaian yang dapat untuk menilai tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Oleh karena itu evaluasi portofolio sangat tepat diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disampaikan berupa kata-kata untuk mendeskripsikan hasil temuan di SMP Negeri 3 Mrebet terkait evaluasi portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Implementasi evaluasi penilaian portofolio dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mrebet sudah diusahakan secara sistematis dan terarah. Guru sebagai pelaksana evaluasi sudah berusaha melaksanakan tahap-tahap penilaian portofolio yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan. Perencanaan dimulai dari tahap penentuan tujuan, penetapan isi/bahan portofolio, membuat kriteria-kriteria penilaian dan menentukan format penilaian. Penentuan tujuan diawali dari guru menganalisis standar kompetensi, kompetensi dasar dan indicator untuk menetapkan sasaran evaluasi. Selanjutnya tahap penetapan isi/bahan portofolio juga harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan melibatkan persetujuan siswa termasuk dalam penetapan criteria penilaian. Kriteria penilaian dibuat mengacu pada bahan yang dijadikan isi portofolio. Format penilaian dibuat oleh guru sendiri disesuaikan dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Tahap pelaksanaan meliputi tahap koleksi dan tahap pengamatan atau penilaian portofolio. Bagaimana cara pengumpulan dan kapan waktu pengumpulan evidence sudah dibicarakan dengan siswa saat penentuan bahan/isi portofolio. Setelah evidence dikoleksi/dikumpulkan, selanjutnya evidence diamati dan dinilai dengan mengacu pada kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Setelah dilakukan penilaian maka hasilnya pun dilaporkan. Kata kunci: Evaluasi Portofolio, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:59
Last Modified: 15 Aug 2016 07:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item