IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA'ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG-BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RENI, OKDWIANA (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA'ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG-BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RENI OKDWIANA-IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA'ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG-BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019-2020.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan faktor penting dalam membangun generasi bangsa yang bermartabat. Oleh karena pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan karakter harus ditanamkan kepada peserta didik baik dengan pembiasaan maupun terintregasi dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu mata pelajaran yang mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran matematika. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika merupakan usaha guru untuk menanamkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran matematika dilakukan dengan mengintregrasikan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Beji Kedungbanteng-Banyumas Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode studi deskriptif analitis dengan subjek penelitian antara lain kepala madrasah, wali kelas IV A dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dugunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Beji Kedungbanteng-Banyumas tahun Pelajaran 2019/2020 dilakukan melalui tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam silabus dan RPP pembelajaran Matematika dengan nilai karakter yang ada antara lain religius, percaya diri, mandiri, kerja keras, jujur dan rasa ingin tahu, kerja sama, kreatif, tanggung jawab, disiplin. Tahap pelaksanaan implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dari pembukaan, inti dan penutup pembelajaran dengan nilai karakter yang ada seperti religius, disiplin, jujur dan bertanggung jawab, rasa ingin tahu, berpikir kritis dan logis, percaya diri dan mandiri, peduli lingkungan. Sedangkan tahap evaluasi implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui penilaian sikap disiplin dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Reni okdwiana
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:23
Last Modified: 19 Aug 2020 03:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item