PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WANGON

Irma, Sarifatun (2020) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WANGON. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRMA SARIFATUN_PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WANGON.pdf

Download (847kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan slaah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi matematis yaitu diskusi. Selain itu, salah satu saran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan berlatih menjelskan dan diskusi. dimana aktivitas tersebut merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Kemampuan komunikasi matematis dan interaksi sosial yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon bervariasi, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon yang berjumlah 263 siswa dari 8 kelas. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik random sampling, mengambil sampel sebesar 20% sehingga menghasilkan 53 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon. Hal tersebut ditunjukan dengan besarnya nilai sig. < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,11, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh interaksi sosial siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon sebesar sebesar 11% sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan regresi linear sederhana yang berbentuk yakni Ŷ = 35,078 + 0,409X, jadi kemampuan komunikasi matematis siswa akan meningkat seiring meningkatnya interaksi sosial sebesar 0,409

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Sosial, Komunikasi, Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Irma Sarifatun
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:48
Last Modified: 19 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7836

Actions (login required)

View Item View Item