PENGARUH MINAT MENONTON FILM KARTUN SERIAL UPIN DAN IPIN TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIKUDI 02, KECAMATAN ADIPALA, KABUPATEN CILACAP, TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Aji, Munandar (2016) PENGARUH MINAT MENONTON FILM KARTUN SERIAL UPIN DAN IPIN TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIKUDI 02, KECAMATAN ADIPALA, KABUPATEN CILACAP, TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
AJI MUNANDAR_PENGARUH MINAT MENONTON FILM KARTUN SERIAL UPIN DAN IPIN TERHADAP AKHLAK SISWA DI S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

. Di era modern saat ini, hendaknya pendidikan Islam dapat menjawab tantangan zaman. Salah satunya dengan tujuan pemahaman secara komperhensif mengenai hal pengetahuan dan ilmu, sehingga tercipta generasi Islami yang sanggup melalui tantangan zaman. Kehadiran film Kartun serial Upin dan Ipin ini dapat menjadi media pendidikan bagi anak khsusnya anak pada tingkat sekolah Dasar. Dimana dalam film kartun tersebut menceritakan kehidupan sehari-hari anak-anak Malaysia, yang memiliki nilai-nilai pendidikan akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar minat menonton film kartun serial Upin dan Ipin di SD Negeri Kalikudi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, serta mengetahui akhlak siswa di SD Negeri Kalikudi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap dan mengetahui seberapa besar pengaruh dari film kartun serial Upin dan Ipin terhadap akhlak siswa di SD Negeri Kalikudi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan penelitian analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat menonton film kartun Upin dan Ipin pada siswa di SD Negeri Kalikudi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap menunjukkan kategori Sangat baik yaitu pada interval 22,76 - 24,00 dengan nilai rata-rata 23,23. Sedangkan Akhlak siswa di SD Negeri Kalikudi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, menunjukan kategori baik Yaitu pada interval 69.01-74.52 dengan nilai rata-rata angket 74,39. Dan untuk Pengaruh minat menonton film kartun serial Upin dan Ipin didapat dari hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,159, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat menononton film kartun serial Upin dan Ipin terhadap akhlak siswa di SDN Kalikuadi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap adalah sebesar 15,8 % sedangkan 84,2% dipengaruhi oleh variable lain yaitu faktor pembawaan, seperti kecenderungan dan bakat, serta faktor dari luar, yaitu lingkungan sosial yang baik. Begitu juga dengan nilai nilai F hitung : 3,735 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) minat menononton film kartun serial Upin dan Ipin terhadap akhlak siswa di SDN Kalikuadi 02, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Hal ini membuktikan bahwa minat menoton film kartun serial Upin dan Ipin berpengaruh terhadap akhlak siswa .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Menonton, Film Kartun, Serial Upin dan Ipin, Akhlak
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:23
Last Modified: 15 Aug 2016 03:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item