MANAJEMEN MUTU PROGRAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS I MI MA'ARIF NU 02 KARANGSARI PURBALINGGA

NURUL ISTIKOMAH, SETIAWAN (2020) MANAJEMEN MUTU PROGRAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS I MI MA'ARIF NU 02 KARANGSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL ISTIKOMAH S._MANAJEMEN MUTU PROGRAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS 1 MI MA'ARIF NU 02 KARANGSARI PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mutu merupakan sesuatu yang harus dicapai oleh suatu lembaga pendidikan untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan pelanggan. Penjaminan mutu pendidikan sangat diperlukan dalam sebuah lembaga pendidikan. Karena penjaminan mutu merupakan tujuan dari manajemen mutu dalam rangka peningkatan mutu pendidikan disuatu lembaga. Lembaga pendidikan islam ini sangat penting untuk menerapkan penjaminan mutu dalam hal pendidikan agama, seperti membaca Al-Qur’an. Pada penjaminan mutu kemampuan membaca Al-Qur’an ini dapat diterapkan pada siswa sejak dini mungkin guna menghasilkan output yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sejak usia mereka masih kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Mutu Kemampuan Membaca Al-Qur’an yang diterapkan pada siswa kelas I di MI Ma’arif NU 02 Karangsari. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kepala madrasah, guru kelas serta guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian iniantara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap manajemen mutu kemampuan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen mutu kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas I di MI Ma’arif NU 02 Karangsari menggunakan tahapan seperti siklus mutu menurut Edward Deming atau disebut dengan siklus penjaminan mutu PDCA, yaitu : Plan (Perencanaan), Do (Pelaksanaan), Check (Evaluasi), dan Act (Perbaikan lanjutan). Pembelajaran membaca Al-Qur’an ini berlangsung dengan jangka waktu tiga bulan siswa sudah dapat membaca Al-Qur’an, apabila dalam jangka waktu tiga bulan bulan tersebut siswa belum dapat membaca Al-Qur’an maka diberi waktu tambahan selama tiga bulan. Dalam jangka waktu maksimal enam bulan tersebut siswa belum bisa membaca Al-Qur’an, maka siswa tersebut akan belajar secara privat dengan gurunya. Kata kunci: Manajemn Mutu Pendidikan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, dan MI Ma’arif NU 02 Karangsari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN MUTU
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Nurul Istikomah Setiawan
Date Deposited: 16 Aug 2020 14:08
Last Modified: 16 Aug 2020 14:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item View Item