PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Wigih, Kurniawati (2020) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIGIH KURNIAWATI_PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Keberhasilan pendidikan di sekolah salah satu faktornya karena keberhasilan orang tua dalam mendidik di rumah. Peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar sejak dini memberikan pengaruh pada keberhasilan pendidikan anak di masa yang akan datang. Peserta didik dalam proses belajarnya membutuhkan motivasi atau dorongan untuk melakukan kegiatan belajar dari luar diri mereka. Salah satu faktor yang dapat memotivasi mereka belajar adalah kedua orang tua mereka. Kedua orang tua yang membiasakan untuk mendisiplinkan anak belajar juga memberi perhatian maka akan membuat peserta didik lebih termotivasi dalam proses belajar mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga? Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Peran orang tua yang mereka terapkan dalam bentuk perhatian yang mereka berikan, fasilitas yang mereka berikan, dan hadiah atau hukuman sebagai apresiasi dari prestasi yang siswa peroleh di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas MI Muhammadiyah Kaligondang dan juga 7 orang wali murid yang dapat memberikan informasi terkait dengan masalah yang peneliti lakukan. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tekhnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah, mereka menjalankan peran dengan bentuk memberikan perhatian belajar anak-anak mereka seperti menemani ketika anak belajar di rumah, mengingatkan pelajaran yang akan dipelajari esok di sekolah. Memberikan hadiah berupa jalan-jalan, membelikan makanan kesukaan atau hadiah lain. Dalam menegur kesalahan siswa, orang tua lebih memilih menasehati atau memberi teguran kecil berupa pendiaman kepada anak ketika prestasi yang didapat kurang baik. Dan bentuk peran lain yaitu orang tua memberikan fasilitas-fasilitas belajar yang dibutuhkan seperti meja belajar, buku dan juga bimbingan belajar di luar sekolah. Kata kunci : Peran, Orang Tua, Motivasi, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wigih Kurniawati Kurniawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 16:11
Last Modified: 13 Aug 2020 16:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7696

Actions (login required)

View Item View Item