UPAYA MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 KALIBAGOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Dewi, Ratna Utami (2016) UPAYA MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 KALIBAGOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
DEWI RATNA UTAMI_UPAYA MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 KALIBAGOR KECAMATAN KALIBAGOR K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selama ini Pendidikan Agama Islam di sekolah seringkali dianggap kurang berhasil dalam membina sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya fenomena yang menunjukkan dekadensi moral yang terjadi di kalangan pelajar. Hal ini menunjukkan tujuan Pendidikan Agama Islam untuk membentuk nilai dan sikap pada peserta didik belum tercapai dengan baik. Apalagi dengan porsi pembelajaran yang terbatas setiap minggunya. Untuk itu diperlukan sebuah upaya agar nilai-nilai keagamaan dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui perwujudan budaya religius. Budaya religius merupakan pendidikan nilai yang komprehensif. Karena didalamnya terdapat internalisasi nilai, pemberian teladan, dan penyiapan generasi muda agar dapat hidup berpedoman pada nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan upaya mewujudkan budaya religius di SMK N 1 Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, wakil kepala bidang kesiswaan, guru umum, pembina ekstrakurikuler keagamaan, dan siswa.Objek penelitian adalah proses terwujudnya budaya religius di SMK N 1 Kalibagor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya mewujudkan budaya religius di SMK N 1 Kalibagor merupakan usaha yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah agar nilai Agama menjadi bagian yang menyatu dalam perilaku warga sekolah sehari-hari. Upaya ini dilakukan melalui beberapa cara, antara lain melalui kebijakan pimpinan sekolah, kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan keagamaan secara konsisten. Untuk mendukung perwujudan budaya religius ini, digunakan berbagai strategi. Strategi tersebut antara lain melalui penciptaan suasana religius, internalisasi nilai, keteladanan, pembiasaan, keteladanan, mengajak dan mengingatkan kepada hal baik, menegakkan disiplin serta memberikan rewards and punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:16
Last Modified: 15 Aug 2016 01:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item