IMPLEMENTASI PROGRAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS TUNAS BANGSA BANJARNEGARA

INDAH, AGNESIA MAULIDA (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS TUNAS BANGSA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
INDAH AGNESIA MAULIDA_IMPLEMENTASI PROGRAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Implementasi Program menghafal juz ‘amma pada saat ini sudah sangat jarang, kecuali di sekolah atau lembaga yang mempunyai program tersebut. Apalagi bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami degradasi moral yang sangat memilukan seperti pergaulan bebas, tawuran antar pelajar dan lain sebagainya. Bahkan dengan adanya tekhnologi yang canggih saat ini sangat berpengaruh pada pendidikan anak-anak. Sekarang banyak anak-anak yang suka bermain game dari pada belajar bahkan mereka banyak yang tidak mau melakukan ibadah. Pendidikan tidak cukup dari orang tua dan keluarga saja tetapi pendidikan perlu diberikan kepada anak-anak melalui lembaga pendidikan seperti sekolah, dimana sekolah memiliki peran penting untuk membentuk agar anak mempunyai pendidikan yang lebih baik, pola pikir yang luas dan mempunyai perilaku yang baik. Untuk mengatasi degradasi moral saat ini didalam sekolah diadakan program agama seperti hafalan juz’amma. Tujuan ini yaitu menjadikan siswa mempunyai pribadi yang agamis, menjadi generasi yang qur’ani dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program menghafal juz ‘amma pada siswa kelas v yang dilaksanakan oleh guru tahfidz terhadap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field reserch dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi program menghafal juz ‘amma pada siswa kelas v yang dilakukan di sekolah dasar islam plus tunas bangsa banjarnegara terhadap program menghafal juz ‘amma yaitu program dilaksanakan dengan cara menghafalkan suratan pendek yang kemudian disimak oleh guru tahfidz. Hafalan dilaksanakan dengan cara yang tidak membosankan seperti muroja’ah dengan nada murotal, sambung ayat, serta menggunakan metode talaqqi dan tahfidz. program ini dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis kemudian hari jum’at diadakan evaluasi hafalan pada siswa. Program ini sudah terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya khataman juz ‘amma pada siswa setiap tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program Menghafal Juz ‘amma, Sekolah Dasar, SD
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:06
Last Modified: 12 Aug 2016 07:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item