PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL FIQH DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

A.Nurkholish Anasukha, 082331001 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL FIQH DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
A. NURKHOLISH ANASUKHA_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL FIQH DI SD ISLAM DARUL FALAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang penggunaan segala sesuatu oleh seorang guru yang dapat digunakan untuk menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana peserta didik dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif dengan lingkungannya. Dalam hal ini mata pelajaran Fiqh di SD Islam Darul Falah Tambak Banyumasdiarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina peserta didik untuk mengetahui, memahami, dan mengahayati syariat Islam untuk diamalkan dan dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.Untuk mempermudah pencapaian tujuan mata pelajaran Fiqh tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh di SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaanmedia pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh di SD Islam DarulFalahTambakBanyumasTahunPelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatankualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitianadalah guru, peserta didik, dan kepala sekolah dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang disajikan dalam bentuk kalimat naratif. Hasil penelitianadalah guru menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh berdasarkan kriteria pemilihan media pembelajaran yang meliputi: sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan guru, ketersediaan media, mudah, efisien dan menarik perhatian peserta didik. Adapun jenis media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqh yaitu: tape recorder, buku, LCD proyektor, dangambar. Tape recorder dan buku digunakan pada materi menghafal bacaan shalat sudah tepat sehingga peserta didik dapat menghafal materi bacaan shalat dengan mudah. LCD proyektor digunakan pada materi menserasikan gerakan dan bacaan shalat sudah tepat sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami gerakan dan bacaan shalat. Gambar kertas tempel gerakan shalat digunakan pada materi menserasikan gerakan dan bacaan shalat yaitu dapat mempermudah peserta didik dalam memahami urutan gerakan shalat, akan tetapi tidak dapat mempermudah peserta didik dalam memahami bacaan shalat, sehingga penggunaan media ini kurang tepat jika digunakan pada materi menserasikan gerakan dan bacaan shalat. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:36
Last Modified: 12 Aug 2016 03:36
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item