EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus di BadanAmil Zakat Nasional/BAZNAS KabupatenBanyumas)

Fajar, Eka Pratomo (2016) EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus di BadanAmil Zakat Nasional/BAZNAS KabupatenBanyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Fajar Eka Pratomo_EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan sering dianggap sebagai sebuah keniscayaan dalam kehidupan dunia ini.Banyak cara yang bisa digunakan untuk menanggulangi kemiskinan, salah satunya yaitumelalui optimalisasi zakat, infaq dan sedekah. Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyumas adalah salah satu Badan Amil Zakat resmi yang dikelola pemerintah Kabupaten Banyumas. BAZNAS Kabupaten Banyumas telah mendayagunakan zakat secara produktif sebagai pemberian modal usaha yang tujuannya adalah supaya zakat tersebut dapat berkembang. Zakat didayagunakan dalam rangka pemberdayaan mustahiksupaya berkehidupan ekonomi yang layak melalui ketrampilan yang menghasilkan baik dalam bidang perikanan, peternakanmaupunperdagangan. Dari program-program pendayagunaan zakat produktif yang telah dilaksanakan diharapkan mampu merubah mustahik menjadi muzakki.Pengukuran secara akurat atas dana zakat yang digunakan untuk pemberdayaan ekonomi mustahik perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitaspencapaian keberhasilan pendayagunaan zakat produktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan alat analisis deskriptif kualiatif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Sampel sumber ditentukan secara purposive yaitu ketua BAZNAS Kabupaten Banyumas, Divisi Pendayagunaan BAZNAS Kabupaten Banyumas serta staff dan para mustahik penerima bantuan pendayagunaan zakat produktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendayagunaan zakat produktif pada pemberdayaan ekonomi mustahik yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Banyumas dituangkan ke dalam beberapa program yang kemudian terbentuk 4 jenis pentasharufan/pendayagunaan zakat secara produktif yaitu: 1)Pemberian bantuan modal usaha secara perorangan 2)Pelatihan ketrampilan kerja 3)Bantuan modal kelompok 4)Bantuan sarana dan pra sarana usaha. Untuk indikator efektivitas menggunakan teori Ni WayanBudiani dengan menggunakan empat indikatorefektivitas program yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indikator ketepatan sasaran program dan pemantauan program sudah efektif. Sedangkan indikator sosialisasi program dan tujuan program belum efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendayagunaan Zakat Produktif, Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:19
Last Modified: 12 Aug 2016 02:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item