PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGWULUH LOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

BUDI WAHYU DIANTO, 1223301013 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGWULUH LOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BUDI WAHYUDIANTO_PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI MI MUHAMMADI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah usaha sengaja atau sadar untuk membantu manusia memahami, peduli tentang, dan melaksanakan nilai-nilai etika inti. Salah satu nilai karakter yang tidak kalah penting untuk ditumbuhkembangkan pada diri peserta didik yaitu nilai peduli terhadap lingkungan. Lingkungan seharusnya dipahami sebagai faktor penting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya lingkungan yang baik dan bersih menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit yang dapat membahayakan kehidupan manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Proses Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Nilai Peduli Lingkungan di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas?”. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai pembiasaan nilai peduli lingkungan yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu kepala sekolah dan sumber data sekunder yaitu guru dan siswa.. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan nilai peduli lingkungan yang dilaksanakan MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor dengan berbagai kegiatan, antara lain: penanaman tanaman obat, Jum’at bersih, prakarya (daur ulang sampah), kelas hijau, papanisasi serta bersih sebelum belajar. Sedangkan metode yang digunakan oleh sekolah dalam membiasakan siswa untuk peduli terhadap lingkungan yaitu dengan metode pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontan, serta pembiasaan rutin. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Peduli Lingkungan, MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:19
Last Modified: 11 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item