PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA KUNCUP MAS BANYUMAS

Marhana Saraswati, 1617402070 (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA KUNCUP MAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARHANA SARASWATI_PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan dan mempunyai peran yang sangat besar. Salah satu peran guru agama adalah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para siswanya. Gurulah yang langsung berhadapan dengan siswa untuk mentransfer ilmu pengetahuan sekaligus mendidik dengan nilai-nilai yang positif melalui bimbingan dan keteladanan. Karena itu, guru dituntut agar dapat memberikan bimbingan dan motivasi dengan sebaik mungkin kepada siswanya agar tercapai tujuan pendidikan. Melihat pentingnya peran guru yang ikut serta dalam menyukseskan tercapainya tujuan pendidikan, maka hal tersebut sangat relevan dengan membina akhlak siswa supaya menjadi muslim yang sejati. Akhlak sangat penting bagi pembentukan sikap dan tingkah laku anak agar menjadi anak yang baik dan berakhlak mulia. Dari permasalah diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas Banyumas? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Untuk mendeskripsikan peranan guru PAI dalam pembinaan aklak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas, 2.Untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan PAI sebagai pembinaan akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas, 3.Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh guru PAI dalam melaksanakan pembinaan akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas, 4. mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas Banyumas, 5.Untuk mengetahui metode-metodeyang digunakan dalam membina akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas Banyumas, 6.Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina akhlak siswa tunanetra di SLB Kuncup Mas Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif, karena penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field research dan data primernya menggunakan data yang bersifat verbal yang berupa deskriptif yang diperoleh dari lapangan. Oleh karena itu, penulis menggunakan empat langkah utama dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI di SLB Kuncup Mas Banyumas sangat berperan aktif dalam kegiatan pembinaan akhlak terhadap siswa tunanetra, yaitu guru sebagai teladan, motivatir dan pembimbing. Peran utama guru PAI dalam membina akhlak siswa tunanetra adalah sebagai teladan, yaitu guru memberikan contoh langsung kepada siswa dalam setiap kegiatan yang ditujukan kepada siswa. Dan upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa tunanetra adalah memberikan kegiatan pembiasaan pada siswa antara lain, shalat dhuhur berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, kerja bakti lingkungan dan infaq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Jul 2020 02:21
Last Modified: 04 Jul 2020 02:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7399

Actions (login required)

View Item View Item