KEKERASAN SIMBOLIK DALAM GAME ONLINE (Analisis Terhadap Ujaran Kebencian Berkonten Agama dalam Mobile Legend On Streaming) SKRIPSI

Renik Anjali Retno, 1522502015 (2020) KEKERASAN SIMBOLIK DALAM GAME ONLINE (Analisis Terhadap Ujaran Kebencian Berkonten Agama dalam Mobile Legend On Streaming) SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENIK ANJALI RETNO_KEKERASAN SIMBOLIK DALAM GAME ONLINE (ANALISIS TERHADAP UJARAN KEBENCIAN BERKO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Game online sebagai ruang viral tidak nyata membuat penggunanya bebas melakukan hal-hal yang seringkali dilarang dikehidupan sebenarnya, misalnya seperti saling hina, bahkan melakukan kekerasan. Game online yang sedang marak dimainkan adalah game online Mobile Legend. Dalam kasus ini kebanyakan komentar-komentar yang dilontarkan adalah komentar buruk bahkan sudah termasuk dalam ujaran kebencian yang melecehkan agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakan dan dianalisis dengan menggunakan content analysis. Digunakannya content analysis dalam penelitian ini yaitu untuk meneliti dokumen yang berupa ungkapan ujaran kebencian berkonten agama dalam Mobile Legend. Peneliti disini juga menggunakan teori kekerasan simbolik oleh Pierre Bourdieu dan teori hate speech Anne Waber. Hasil dari penelitian ini yang pertama adanya bentuk-bentuk ujaran kebencian berkonten agama yang dibagi menjadi 4 yaitu kategori makian merupakan sebuah ungkapan yang merujuk pada kata-kata kasar, kategori sindiran merupakan kata-kata yang menyinggung seseorang dengan kata-kata yang halus, kategori seksual harassment yaitu yang mengandung unsur seksual atau pelecehan seksual dalam berkomentar, dan kategori lainnya dikhususkan pada komentar yang tidak mengandung unsur ujaran kebencian. Yang kedua adanya kekerasan simbolik yang terjadi akibat dari ungkapan ujaran kebencian berkonten agama yaitu mereka tetap memainkan game tersebut dan tanpa sadar telah terkena dampak buruk dari game tersebut, yang mana ungkapan atau kata-kata kasar yang sering dilontarkan dalam kolom komentar tersebut secara tidak langsung telah merubah pola pikir mereka, sikap mereka, dll di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Simbolik, Game Online, Ujaran Kebencian, Mobile Legend
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:14
Last Modified: 02 Jul 2020 07:14
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item