Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Purwokerto

Sugito, Gito (2020) Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Purwokerto. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sugito_Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap Guru SMP Muhammadiyah Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas perlu ditingkatkan karena jika guru berkinerja baik maka pencapaian prestasi meningkat. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi sangat diperlukan untuk meningkatkan Kinerja. Dengan berharap untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja guru maka diperlukan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah yang dapat mempengaruhi dan menggerakan para guru dengan tidak terpaksa dan berkomitmen tinggi secara bersama-sama mencapai visi, misi dan tujuan sekolah. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan di SMP Muhammadiyah Purwokerto. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier dengan alat bantu SPSS 16.0 for windows. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Muhammadiyah Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Berdasarkan uji t, variabel kepemimpinan terhadap kinerja, nilai t-hitungnya sebesar 5,956 sedangkan t-tabel sebesar 1,998 menunjukkan thitung>ttabel maka Ha diterima. Artinya variabel kepemimpinan diterima dan besaran pengaruhnya berdasarkan analisis korelasi 34,6%. Untuk variabel motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru, nilai t-hitung sebesar 2,222 sedangkan t-tabel sebesar 1,998 menunjukkan thitung>ttabel maka Ha diterima. Nilai prosentase pengaruh kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 64,5%, dan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu dapat disimpulkan ada pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Guru
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sugito Sugito
Date Deposited: 01 Jul 2020 21:53
Last Modified: 01 Jul 2020 21:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item