IMPLEMENTASI METODE TALAQQĪ DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪDŻUL QUR’ĀN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Laili Nur Umayah, 1617402110 (2020) IMPLEMENTASI METODE TALAQQĪ DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪDŻUL QUR’ĀN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAILI NUR UMAYAH_IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR'AN BAGI ANAK BERKEBU.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Umat Islam wajib mengimani adanya Al-Qur’an sebagai kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai penyempurna tiga kitab terdahulu. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengimani Al-Qur’an adalah dengan memeliharanya agar dapat terjaga sampai generasi selanjutnya. Tidaklah mudah dalam menghafal Al-Qur’an kecuali adanya niat dan usaha yang sungguh-sungguh. Terlebih bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus yang tidak seperti anak normal pada umumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqī dalam pembelajaran taḥfīżul Qur’ān bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yakni teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data yang selanjutnya menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Objek penelitiannya adalah metode talaqqī dalam pembelajaran taḥfīżul Qur’ān, sedangkan subjeknya ialah anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode talaqqī dalam pembelajaran taḥfīżul Qur’ān dilakukan setiap pagi hari selama 15-30 menit di ruang kelas inklusi. Dengan urutan pelaksanaan dimulai dengan membuat posisi duduk, berdo’a dan persiapan, muraja’ah, dan menambah hafalan baru. Guru mengulang bacaan ayat sebanyak 5 kali dengan memberikan penekanan pada gerak bibir dan sentuhan khusus agar anak berkebutuhan khusus dapat menangkap bacaan ayat dengan benar. Kondisi kesehatan anak berkebutuhan khusus, orang tua yang tidak memperhatikan perkembangan hafalan anak di rumah, dan jadwal guru yang padat menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan dukungan sekolah dan pribadi guru yang senantiasa sabar membimbing dan memotivasi serta memahami betul karakteristik anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqī, Taḥfīżul Qur’ān, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:57
Last Modified: 30 Jun 2020 02:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item