PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI BULUPAYUNG 04 KESUGIHAN CILACAP FAUZAH AL AMAM NIM. 1522405054

FAUZAH AL AMAM, 1522405054 (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI BULUPAYUNG 04 KESUGIHAN CILACAP FAUZAH AL AMAM NIM. 1522405054. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAUZAH AL AMAM_PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN TEMAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan sebuah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Dengan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran tematik dapat mengatasi permasalahan siswa sehingga siswa tidak bosan dan mampu memahami materi yang sedang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik di SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap. Objek penelitiannya yaitu pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri. Subjek penelitian yaitu peserta didik, kepala sekolah, dan guru SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dengan mengamati pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik, metode wawancara untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam tentang pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik, dan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Analisis datanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan observasi pendahuluan, ketika guru kelas III menyajikan kegiatan pembelajaran tematik dengan media gambar berseri sebagai media pembelajarannya, siswa lebih antusias dan tertarik dalam memahami pembelajaran yang berlangsung serta siswa mampu menulis sebuah cerita dengan imajinasinya sendiri dengan sesuka hati berdasarkan gambar. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Bulupayung 04 SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap adalah media yang digunakan sudah sesuai dengan kriteria pemilihan media pembelajaran dan dalam langkah-langkah pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri menggunakan tiga tahap yaitu tahap perencanaan sebelum menggunakan media gambar berseri, tahap pelaksanaan penggunakan media gambar berseri, dan evaluasi dalam penggunakan media gambar berseri di kelas III. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Media Gambar Berseri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Media Gambar Berseri.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:48
Last Modified: 23 Jun 2020 01:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item