IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

HAMDANI, NIM 092338152 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI FULL PDF_ HAMDANI 092338182.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Akhlak adalah pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena semua aktivitas yang dilakukan itu berkaitan dengan akhlak siswa.Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang menganggap pendidikan akhlak itu merupakan ilmu yang dianggap tidak penting. Oleh karena kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati kedudukan yang penting, sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung bagaimana akhlaknya. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang pesat dan canggih menimbulkan berbagai macam perubahan dalam kehidupan masyarakat, termasuk perubahan dalam tatanan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Generasi remaja memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban manusia pada umummya karena dengan akhlak yang baik maka tercipta lingkungan yang tentram, damai dan nyaman. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Pada Siswa SMK Muhammadiyah Somagede Kabupaten Banyumas? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dan instrument penggalian data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada siswa SMK Muhammadiyah Somagede adalah Penanaman sikap disiplin dilakukan dengan cara guru membiasakan siswa menaati tata tertib sekolah, dan disiplin dalam belajar. Penanaman sikap taat beribadah dilakukan dengan cara melaksanakan ibadah shalat dhuhur berjamaah. Adab berpakaian dan berhias dilakukan dengan cara memakai pakaian yang sopan dan rapi, memakai pakaian yang rapi dan siswa putri memakai jilbab, siswa putri dilarang berdandan secara berlebihan, dilarang memakai perhiasan di sekolah. Membiasakan siswa berperilaku baik dilakukan dengan cara membiasakan bertamu dengan memakai pakaian yang sopan, begitu pula ketika menerima tamu harus memakai pakaian yang sopan dan rapi, mengucapkan salam sebelum masuk ke ruang guru, minta ijin ketika masuk dan keluar kelas saat pembelajaran,berdo’a sebelum pembelajaran dimula.Tadarus Al-Qur’an dilakukan dengan cara membiasakan siswa membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an sebelum pelajaran di mulai. Kata kunci : Nilai-nilai Pendidikan, Akhlak, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:57
Last Modified: 10 Aug 2016 07:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item