PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI BOARDING SCHOOL DI SMP PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUGIONO, NIM. 1223301155 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI BOARDING SCHOOL DI SMP PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SUGIONO (PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB_V.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Aspek akhlak menempati bagian terpenting dalam ajaran Islam. Beberapa ayat di dalam Al-Qur’an maupun hadits telah menegaskan kepastian hal tersebut. Namun demikian, dalam realitas kehidupan manusia dijumpai banyak kasus yang melibatkan umat muslim yang tidak mencerminkan akhlak sesuai ajaran Islam. Kemudian berbagai pendapat menyatakan bahwa dunia pendidikan adalah yang paling bertanggung jawab akan kondisi tersebut. Dari hal inilah tantangan bagi lembaga-lembaga pendidikan (salah satunya sekolah berasrama) menjadi semakin besar. Berdasarkan observasi pendahuluan, ada indikasi bahwa di SMP Putra Harapan Purwoketo melaksanakan penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui boarding school secara intensif. Dengan upaya tersebut diharapkan mampu menciptakan generasi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui boarding school di SMP Putra Harapan Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.Lokasi penelitian ini dilakukan di boarding school SMP Putra Harapan Purwokerto. Subyek penelitan ini adalah kepala sekolah, pengasuh asrama, dan siswa yang tinggal di asrama. Sedangkan obyek penelitianya adalah Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui boarding school di SMP Putra Harapan Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui boarding school di SMP Putra Harapan Purwokerto mempunyai beberapa program-program di antaranya yaitu : kegiatan kurikuler, ekstra kulikurer dan kegiatan keagamaan. Dalam pelaksanaanya penanaman nilai-nilai akhlak terpuji menggunakan metode Metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode pengamatan dan pengawasan, dan metode hukuman dan ganjaran. Adapun nilai-nilai akhlak terpuji yang di tanamkan di boarding school di SMP Putra Harapan Purwokerto yaitu: Akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap diri sendiri, Akhlak terhadap keluarga, Akhlak terhadap masyarakat dan Akhlak terhadap lingkungan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui boarding school di SMP Putra Harapan Purwokerto sudah berjalan cukup baik. Kata kunci : Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji, Boarding school, SMP Putra Harapan Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 04:26
Last Modified: 10 Aug 2016 04:26
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item