MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BIDANG MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR TAHUN PELAJARAN 2015-2016

FATKHATUL KHOERIYAH, NIM.1123303044 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BIDANG MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FATKHATUL KHOERIYAH_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BIDANG MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR TAHUN PELAJARAN 2015-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pengembangan kurikulum merupakan suatu proses kegiatan fungsi-fungsi manajemen dalam pembaharuan kurikulum sebuah lembaga pendidikan agar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan pendidikan. Kurikulum Moral dan Nilai-nilai agama sangatlah penting bagi anak usia dini sebagai pondasi untuk jenjang pendidikan berikutnya kearah yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang manajemen pengembangan kurikulum bidang moral dan nilai-nilai agama yang meliputi langkahlangkah perencanaan, implementasi, evaluasi dan penerapan fungsi-fungsi manajemen planning, organizing, actuating dan controlling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Untuk keperluan pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisa data peneliti menggunakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa manajemen pengembangan kurikulum bidang moral dan nilai-nilai agama dilakukan dengan langkah-langkah (1) Perencanaan, a) planning perencanaan kurikulum, meliputi penyusunan program pengajaran, struktur dan isi, alokasi waktu, b) Organizing Perencanaan kurikulum pembagian tugas dari kepala sekolah kepada bawahannya sebagai penanggungjawab pada setiap kegiatan. c) Actuating Perencanaan kurikulum kepala sekolah memberi instruksi kepada guru agar tergerak untuk melaksanakan tugas yang telah diemban. d) Controlling Perencanaan Kurikulum, kepala sekolah melakukan pengawasan sebelum dilakukan proses pembelajaran. (2) Implementasi, a) Planning Implementasi Kurikulum, meliputi penyiapan dan penyusunan dalam bentuk dokumen, b) Organizing Implementasi Kurikulum, yaitu pembagian tugas mengajar c) Actuating Implementasi Kurikulum kepala sekolah sebagai penggerak pelaksanaan kurilulum memberi intruksi kepada guru agar melaksanakan tugas dengan baik. d) Controling Implementasi Kurikulum yaitu kepala sekolah langsung mengontrol setiap harinya pada saat proses belajar mengajar. (3) Evaluasi, a) Planning Evaluasi Kurikulum, yaitu mengadakan rapat evaluasi kurikulum b) Organizing Evaluasi Kurikulum, yaitu pembagian tugas penilaian terhadap peserta didik c) Actuating Evaluasi Kurikulum, yaitu Kepala sekolah memberikan instruksi kepada guru untuk melaksanakan tugas yang sudah diberika d) Controling Evaluasi Kurikulum, yaitu kepala sekolah menganalisis hasil pekerjaan pendidik sebagai acuan penilaian untuk mengukur tingkat keberhasilan tercapainya tujuan kurikulum. Kata kunci : Manajemen Pengembangan Kurikulum Bidang Moral dan Nilai-nilai Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:20
Last Modified: 10 Aug 2016 03:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item