PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

IDA ROZALINA, NIM. 1223305043 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IDA ROZALINA_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangidarikesadaranbahwakegiatanmendidikdanmemotivasiseoranganakuntukbelajarpadadasarnyaadalahtugasutamadaripada orangtua.Dalamkegiatanmemotivasi, orangtuadalamsebuahkeluargapentinguntukmemperhatikantidakhanyapemenuhankebutuhansecarabiologisatausecarafisiksaja, tetapijugasecarapsikologis, dengantujuan agar anaklebihberprestasidalambelajarnya. Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahadakahpengaruhmotivasibelajardalamkeluargatehadapprestasibelajarsiswa di MI NegeriPurbasariKecamatanKarangjambuKabupatenPurbalingga.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiada tidaknyapengaruhmotivasibelajardalamkeluargaterhadapprestasibelajar seorang siswa di sekolah danseberapabesarpengaruhtersebut. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankuantitatif, untukmenelitipadapopulasiatausampeltertentu.Obyekpenelitiannyasendiriadalahmotivasibelajar yang terjadididalamkeluargadarisiswa di MI NegeriPurbasari.Sampelpenelitianiniadalah 50 unit keluargadarisiswakelas V dan VI.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Negeri Purbasari Kecamatan Karangjambu kabupaten Purbalingga. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,139. Artinya, pengaruh variabel X (motivasi belajar dalam keluarga) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa) adalah sebesar 13,9 %. Daripersamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 48,141 + 0,425 X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 48,141. Koefisienregresisebesar 0,425 menyatakanbahwasetiappenambahan (karenatanda +) satunilaipadavariabelX (motivasi belajar dalam keluarga) akanmemberikankenaikanpadavariabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 0,425. Kata Kunci :MotivasiBelajardalamKeluarga, PrestasiBelajar, Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:06
Last Modified: 10 Aug 2016 03:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item