MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKHLAK MENURUT K.H. HASYIM AS’ARI (1871 M -1947 M) DAN SYEH AL-ZARNUJI (570 H-620 H)

R. ABDUL MUN’IM, 1223402033 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKHLAK MENURUT K.H. HASYIM AS’ARI (1871 M -1947 M) DAN SYEH AL-ZARNUJI (570 H-620 H). Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R. ABDUL MUN’IM_MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKHLAK MENURUT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen Pembelajaran Ahklak merupakan hal yang urgen untuk di lakukan, dari perubahan orentasi hidup manusia dewasa ini memaksa kita untuk menemukan konsep konsep manajem pembelajaran akhlak. Adapun Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari melalui kitabnya Ta’lim Al-Muta’allim dan Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim yang ingin menunjukkan betapa pentingnya manajemen atau pengelolaan pembelajaran akhlak harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama akhlak sebagai seorang pendidik dan Peserta Didik. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui menejemen pembelajaran akhlak yang ada pada kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim ini. Penelitian tersebut termasuk penelitian kualitatif kepustakaan (library research). Temuan-temuan penelitian bahwa kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim yang mana memiliki isi kandungan atau konsep manajemen pembelajaran akhlak yang baik dan sesuai dengan perkembangan pendidikan Islam dengan penjelasan yang lebih jelas, dan mudah dipahami. Diantaranya menurut syeh al-zarnuji pendapat bahwa seorang murid plening pertama adalah niat , kemudian fungsi manajemen pengorganisasian diantaranya dalam menuntut ilmu ada enam hal yang harus di penuhi yaitu : kecerdasan, hasrat atau motivasi yang keras, sabar, modal (sarana), petunjuk guru, dan masa yang panjang (kontinyu) Melengkapi pendapat syeh al-zarnuji, KH.Hasyim Asy’ari meberikan ulasan mnajemen pembelajaran yaitu di awali perencanaan dengan niat hanya karena Allah, Bergegas menuntut ilmu di usia muda dan mayoritas usia hidupnya, pelajar jangan sampai tergoda dengan sikap menunda nunda Bersikap Qonaah iii (Menerima apa adanya) terhadap makanan maupun pakaian yang dimiliki. Berbekal sikap sabar atas kondisi ekonomi yang pas pasan, maka pelajar dapat meraih keluasan ilmu; menghimpun keinginan keinginan hati dari aneka ragam angan angan kosong, dan mengalir sumber sumber hikmh dalam dirinya.dan berkhayal saja, karena setiap waktu yang telah berlalu tidak bias di ganti lagi, Adapula persamaan dan perbedaan antara kedua kitab yaitu dalam kitab Ta’lim isinya secara global sedangkan kitab Adab lebih jelas dan rinci. Kata Kunci: manajemen dan pembelajaran akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:44
Last Modified: 06 Dec 2016 01:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item