UPAYA SEKOLAH DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMK MA’ARIF NU 2 KARANGLEWAS

ATIK NURJANAH, 1522401051 (2020) UPAYA SEKOLAH DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMK MA’ARIF NU 2 KARANGLEWAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ATIK NURJANAH_UPAYA SEKOLAH DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMK MA’ARIF NU 2 KARANGLEWAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Siswa merupakan seseorang yang berada pada masa remaja. Remaja pada perkembanganya mengalami fase pasang surut. Karena mereka sedang mencari jati diri untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain sehingga mudah menerima pengaruh dari lingkungan di sekitarnya entah itu pengaruh baik atau buruk. Jika di lingkungannya mengajarkan hal-hal yang positif, tentu mereka tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma yang ada, dan jika di lingkungannya mengajarkan hal-hal yang negatif, maka mereka akan melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma. Kenakalan siswa bukanlah hal yang baru, masalah kenakalan siswa sudah ada sejak lampau. Perilaku kenakalan siswa saat ini sulit diatasi. Banyak sekali kasus-kasus kenakalan yang dilakukan oleh siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya sekolah dalam mencegah kenakalan siswa di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mereduksi data, menyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan: (1) Bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan siswa di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas seperti membolos, berbuat gaduh di kelas, menyontek, berkelahi, dan merokok. (2) Terdapat beberapa faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas yaitu faktor yang ada di dalam diri siswa, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor lingkungan sekolah. (3) Ada beberapa bentuk upaya yang dilakukan sekolah dalam mencegah kenakalan siswa, yang pertama usaha pencegahan timbulnya kenakalan siswa secara umum dengan cara mengenal dan mengetahui ciri umum dan khas siswa dan usaha pembinaan siswa seperti pembinaan dan pengarahan dari kepala sekolah dan guru BK, pembinaan mental keagamaan, serta adanya kerjasama dengan Polsek Karanglewas, Danramil (Komandan Rayon Mi;iter), Puskesmas, dan BNN (Badan Narkotika Nasonal). Upaya yang kedua yaitu usaha pencegahan timbulnya kenakalan siswa secara khusus. Kata Kunci: Peran Sekolah, Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Sekolah, Kenakalan Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:06
Last Modified: 12 Feb 2020 04:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item