KOMPETENSI SOSIAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 02 KARANG KLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Faizah, Mula Surani (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 02 KARANG KLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
FAIZAH MULA SURANI_KOMPETENSI SOSIAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MAARIF NU 02 KARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses yang di dalamnya terdapat beberapa komponen yang terkait satu sama lain, diantaranya guru.Sosok guru adalah orang yang identik dengan pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab membentuk sikap dan moralitas generasi bangsa. Keberadaan guru bagi suatu bangsa sangatlah penting. Tampaknya masyarakat mendudukan guru pada tempat yang terhormat dalam kehidupan masyarakat. Kompetensi sosial yang dimiliki seorang guru disini sangat berperan penting, karena jika seorang guru sudah mampu menerapkan kompetensi sosial tersebut khususnya di lingkungan sekolah dan siswanya, maka secara langsung seorang guru telah menanamkan dan memupuk siswa untuk memiliki karakter yang baik. Karena salah satu lingkup dari kompetensi sosial adalah seorang guru mampu mengembangkan sikap positif pada siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru rumpun Pendidian Agama Islam (PAI) di MTs Ma’arif NU 02 Karang Klesem. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Ma’arif NU 02 Karang Klesem. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kompetensi sosial guru. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu kompetensi sosial guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU 02 Karang Klesem secara umum sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 tahun 2007 yaitu; Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetesi Sosial, Guru PAI, MTs Maarif NU 02, Kutasari, Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:59
Last Modified: 09 Aug 2016 06:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item