PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS

Aji, Munandar (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AJI MUNANDAR_PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU M.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Ujung tombak dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah tenaga pendidik, yaitu Guru. Dalam upaya peningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah melalui Depdiknas sampai saat ini masih berupaya melakukan berbagai perubahan dan pembaharuan sistem pendidikan yang profesional, yaitu dengan upaya yang sudah dan sedang dilakukan berkaitan dengan faktor guru terutama mengenai kinerja guru. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data diperoleh dari sampel yaitu para guru Madrasah Aliyah Modern Al Azhary Ajibarang, Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kemranjen dan Madrasah Aliyah Al Falah Jatilawang. Dengan menggunakan analisis regresi sebgai analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 16%. 2) Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 38,8%. 3) Terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 24,1%. 4) Terdapat pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 41,6%. 5) Terdapat pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 27,7%. 6) Terdapat pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 43,8%. 7) Terdapat pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 44,9%. Dengan demikian, upaya peningkatan kinerja pada guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Banyumas dapat ditingkatkan lagi dengan meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Antara lain adalah lingkungan kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja. Dimana ketika ketiga faktor tersebut meningkat maka akan meningkat juga kinerja para guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Madrasah Aliyah Kabupaten Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lib - Kristiarso
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:07
Last Modified: 05 Feb 2020 07:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item