MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS UNGGULAN DI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU

Eli PujiAstuti, 1522401055 (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS UNGGULAN DI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
ELI PUJI ASTUTI_MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS UNGGULAN DI SMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemenmerupakansuatu proses yang tidakbisadipisahkandengansemuaorganisasidansemualembagakhususnyapendidikan. Manajementerdiriatastindakan-tindakanperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasandan yang terakhirevaluasi.Semuatindakantersebutdilakukanuntukmenentukansertamencapaisasaran-sasaranyang telahditentukansebelumnyamulaipemanfaatansumberdayamanusiadansumber-sumberlainnya.Manajemenpendidikan yang baikakanmenentukanbagustidaknyapembelajaran. Bagaimanaseorang guru dituntutmampumengelolakelas, mengondisikankelas agar siswatetapkondusifsaatproses pembelajaranberlangsung. Dan mampumenggunakanberagammetodepembelajaransertamemaksimalkan media pembelajaranuntukmenunjang proses pembelajarantersebut. Rumusanmasalahdanpenelitianiniadalah“ Bagaimanamanajemenpembelajarankelasunggulan di SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran kelas unggulan diSMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung kelapangan untuk memperoleh informasi terkait manajemen pembelajaran kelas unggulan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil yang penulis lakukan dapat disimpulakan bahwa proses manajemen pembelajaran kelas unggulan di SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu sudah melakukan fungsi-fungsinya, antara lain: perencanaan pembelajaran dilakukan pembuatan program tahunan. Program harian serta RPP. Dalam pengorganisasian pembelajaran dibuatkannya jadwal pelajaran,disediakannya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, serta media pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan bermacam metode dengan tujuan agar siswa tidak merasa bosan.dalam metode evaluasi sekolah mengunakan metode langsung dan yang terrakhir evaluasi . evaluasi yang dilakukan sekolah menggunakan evaluasi tes dan non tes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, KelasUnggulan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:17
Last Modified: 18 Dec 2019 03:17
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item View Item