PeningkatanMutu Guru MelaluiKegiatanSupervisi di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto

NISA CAHYANTI, 1522401032 (2019) PeningkatanMutu Guru MelaluiKegiatanSupervisi di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
NISA CAHYANTI_PENINGKATAN MUTU GURU MELALUI KEGIATAN SUPERVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran, baik kualitas proses maupun kalitas lulusan. Dalam tingkat operasional, guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat insitusional, instruksional, dan eksperensial. Pendidikan yang baik dan berkualitas tetap akan tergantung pada kondisi mutu guru, karena sebagus apa pun dan semodern apa pun kurikulum pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas yang memiliki kompetensi dan profesional, maka tidak akan membuahkan hasil maksimal. Dalam rangka untuk mengetahui pencapaian mutu guru yang diharapkan maka kepala sekolah melaksanakan tugas untuk meningkatkan kemampuan guru, yaitu dengan cara melakukan kegiatan supervisi. Dengan adanya kegiatan supervisi tersebut dimaksudkan dapat mengetahui sejauh mana kemampuan guru dan apabila menemukan kesulitan dapat segera teratasi, sehingga melalui kegiatan supervisi tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu guru secara segnifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatanmutu guru melaluikegiatansupervisi di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Adapunjenispenelitian yang penulislakukanadalahpenelitian yang bersifatdeskriptifkualitatif.Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi,dan jugadokumentasi. Data diperoleh secara langsung kepada subjek agar semakin valid. Adapun subjek yang memberikan informasi kepada penulis yaitu KepalaSekolahdanbeberapa guru SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu peningkatanmutu guru melaluikegiatansupervisi di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Dari hasilpenelitian data dikumpulkandandianalisis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa kegiatan supervisi yang dilakukandalammeningkatkanmutu guru mencakupmutukualifikasidankompetensi guru dilakukandenganberbagaitekniksupervisimakaterjadiperubahandanpeningkatan yang signifikanpadamutu guru. Denganadanyaevaluasidantindaklanjutdari supervisor, makakelemahan guru dapatdiatasidenganmemberi saran danmasukandarikepalasekolahsebagai supervisor maupundarisesama guru, lalu guru di ikutsertakandalamberbagaipelatihan, workshop, KKG, dansebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PeningkatanMutu Guru, KegiatanSupervisi, dan SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:38
Last Modified: 05 Dec 2019 03:38
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item View Item