EVALUASI PROGRAM FARDU’AIN DI MADARSAH FAR’UL AS-SAULATI AL-ALAWI PATANI SELATAN THAILAND

Wan Alawee Samaeng, 1522401044 (2019) EVALUASI PROGRAM FARDU’AIN DI MADARSAH FAR’UL AS-SAULATI AL-ALAWI PATANI SELATAN THAILAND. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
WAN ALAWEE SAMAENG_EVALUASI PROGRAM FARDU’AIN DI MADRASAH FA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membehas program fardu’ain di Madrasah Far’ul As-saulati Al-alawi Patani Selatan Thailand sebagai program yang diwajibakan oleh madrasah terhadap siswanya untuk meluluskan mata pelajaran yang diwajibkan sebagai mata pelajaran asasi atau mata pelajaran khusus yang akan dicantumkan dalam transkrip nilai secara kesuluruhan mata pelajaran yang ditentukan. Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimana program fardu’ain di Madrasah Far’ul As-saulati Al-alawi.” Penelitian dilaksanakan di madrasah ini sebab merupakan sebuah lembaga yayasan yang perduli mengupayakan semua siswa dan masyarakat madrasah untuk memiliki pengetahuan dasar keagamaaan dan menerapakannya dengan benar sesaui ajaran islam yang bersifat wajib melalui program fardu’ain dan ingin menggali pengetahuan tentang program fardu’ain di Madrasah Far’ul As-saulati Al-alawi Patani Selatan Thailand. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan metode : Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. 1) Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan tentang program fardu’ain. 2) Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan program fardu’ain. 3) Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdirinya sekolah, struktur organisasi, keadaan ustadzat, siswa dan kurikulum. Analisis data menggunakan model evaluasi CIPP, adapun teknik analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitianmenunjukkan bahwa, 1) Dari komponen context, perumusan tujuan dari Program Fardu’ain di Madrsah Far’ul As-saulati Al-alawi Patani Selatan Thailand yaitu mengupayakan Semua Siswa dan masyarakat madrasah untuk memiliki pengetahuan dasar keagamaaan dan menerapakannya dengan benar sesaui ajaran islam yang bersifat wajib (fardu‘ain). Kemudian di dukung oleh para guru, wali murid, dan siswa. 2) Dari komponen Input, menunjukkan bahwa input tenaga pendidik, pembelajaran fardu’ain serta sarana dan prasarana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input sarana dan prasarana masih perlu adanya peninjauan terkait pengembangan program fardu’ain. 3) Dari komponen Process, penggunaan metode, media, materi, dan waktu pembelajaran dalam program fardu’ain sudah ada tenaga pendidik yang memahami dalam bidangnya. Sementara kecuali siswa ulang kurang maksimal karena belum mengewasai materi-materi fardu’ain dengan baik. 4) Komponen Product, Keberhasilan siswa merupakan keberhasilan guru untuk membimbing siswanya dalam pencapaian program fardu’ain tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran fardu’ain, Model evaluasi CIPP.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:54
Last Modified: 03 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item