KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MI MA’ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Trimaida Subiyati, 082333079 (2012) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MI MA’ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
TRIMAIDA SUBIYATI_Kepemimpinan Kepala Madrasah di MI Ma’arif Lipursari Kec Leksono Kab Wonosobo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi keingintahuan penulis terhadap proses kepemimpinan Kepala Madrasah di MI Ma’arif Lipursari. Kepala Madrasah melakukan tugasnya dengan menggunakan beberapa proses diantaranya yaitu sebagai, educator, manajer, administrator, sepervisor, leader, dan motivator dengan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. Selain itu mengetahui teori sifat, kepribadian, gaya kepemimpinan dan aktivitas kepemimpinan yang menjaddi daya tarik tersendiri bagi penulis. Mengingat menjadi Kepala Madrasah itu cukup sulit, maka penulis tertarik untuk diketahui lebih lanjut tentang bagaimana kepemimpinan Kepala Madrasah di MI Ma’arif lipursari. Kepala Madrasah memiliki ciri khas dan prilaku yang menyenangkan dalam memimpin warga madrasah menurut para penuturan guru dan pegawai di Madrasah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah di MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa teori yang digunakan dalam kepemimpinan Kepala Madrasah di MI Ma’arif Lipursari, yaitu (1) teori sifat, dalam pelaksanaannya Kepala Madrasah bersikap jujur, emosi yang stabil, (2) pendekatan perilaku, dalam pelaksanaannya Kepala Madrasah memberikan contoh prilaku suri tauladan yang baik, (3) gaya kepemimpinan, dalam pelaksanaannya Kepala Madrasah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, (4) aktivitas kepemimpinan Kepala Madrasah, dalam pelaksanaannya Kepala Madrasah selalu datang lebih awal dari guru-guru yang lain. Dimana proses kepemimpinan tidak hanya menggunakan satu teori, melainkan divariasikan antara teori satu dengan teori lainnya. Penggunaan teori kepemimpinan Kepala Madrasah sudah sesuai dengan teori-teori yang disampaikan penulis pada landasan teori pada bab II. Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mi Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:30
Last Modified: 04 Aug 2016 06:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item