IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DENY RISTIANI, NIM. 1123305041 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
DENY RISTIANI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kelas V di MI Ma’arif Karangturi dimana pada proses pembelajarannya telah mengimplementasikan pembelajaran interaktif dengan media audio visual. Peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sejauh mana pemahaman guru mengenai pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Ma’arif Karangturi. Adapun Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi guru untuk dapat melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Ulfah Utami, S.Pd.I dan siswa kelas V MI Ma’arif Karangturi Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Objek yang dikaji adalah implementasi pembelajaran interaktif dengan media audio visual mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di MI Ma’arif Karangturi Karangturi Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V telah menerapkan implementasi pembelajaran interaktif dengan media audio visual yang meliputi tujuh tahapan pembelajaran interaktif dan prinsip-prinsip pemilihan penggunaan media untuk divariasikan dengan media audio visual dalam tahapannya. Adapun tahapan yang di terapkan oleh Ibu Ulfah Utami yaitu persiapan, pengetahuan awal, kegiatan, pertanyaan siswa, penyelidikan, pengetahuan akhir dan refleksi. Dengan demikian Ibu Ulfah Utami, S.Pd.I sudah menerapkan pembelajaran interaktif dengan media audio visual dengan baik sesuai dengan teori yang ada. Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Audio Visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:47
Last Modified: 03 Aug 2016 01:47
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item