PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI MA’ARIF NU 01 BALERAKSA KECAMATAN KARANGMONCOLKABUPATEN PURBALINGGA

RIZKA ANGGIA NINGTIAS, RIZKA (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI MA’ARIF NU 01 BALERAKSA KECAMATAN KARANGMONCOLKABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
0. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZKA ANGGIA NINGTIAS_1123305010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penerapan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPA di kelas IV MI Ma’arif NU 01 Baleraksa yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan dapat melibatkan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Karena keberhasilan dari proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru. Beberapa guru, salah satunya guru kelas IV sudah sangat kreatif, karena dalam pembelajaran guru tidak hanya menggunakan satu strategi atau metode pembelajaran saja, sehingga dapat memaksimalkan proses kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapa saja yang membacanya serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang penerapan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa diperoleh hasil bahwa guru kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa telah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yang secara umum langkah-langkah pembelajarannya meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta telah menggunakan berbagai macam tipe strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA. Diantaranya adalah strategi pembelajaran tipe make a match, tipe TGT, tipe berkirim salam dan soal dan tipe dua tinggal dua tamu. Kata Kunci: Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? pd_ag ??
Divisions: ?? tar_pgmi ??
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 17 May 2016 01:22
Last Modified: 17 May 2016 01:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item