PEMBARUAN HUKUM KEWARISAN ISLAM (Studi Pemikiran Munawir Sjadzali Dan Muhammad Shahrur)

Intan Laili Susi Nur Fadilah, 092322012 (2015) PEMBARUAN HUKUM KEWARISAN ISLAM (Studi Pemikiran Munawir Sjadzali Dan Muhammad Shahrur). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Intan Laili Susi N_PEMBARUAN HUKUM KEWARISAN ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar pustaka.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Dunia pemikiran Islam saat ini tengah diwarnai dengan munculnya berbagai tawaran metode baru dari para tokoh dan kalangan dalam usahanya untuk memahami pesan-pesan Allah SWT. Munawir Sjadzali dan Muh}ammad Shah}ru>r adalah tokoh-tokoh yang turut mewarnai dunia keislaman dengan membawakan gagasan pembaruan terhadap hukum kewarisan Islam. Kedua tokoh tersebut memiliki argumen mengenai perlunya pembaruan dalam hukum kewarisan Islam dengan perspektif mereka masing-masing. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Munawir Sjadzali dan Muh}ammad Shah}ru>r mengenai pembaruan hukum kewarisan Islam, serta bagaimana latarbelakang kedua tokoh tersebut dalam membangun pendapat mereka? Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh dari buku-buku yang membahas mengenai hukum kewarisan Islam, serta pemikiran Munawir Sjadzali dan Muh}ammad Shah}ru>r. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan meode komparatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa gagasan pembaruan hukum kewarisan Islam berangkat dari apa yang disebut Shah}ru>r sebagai krisis intelektual yang disebabkan oleh adanya penggunaan produk penafsiran hukum masa lalu (penafsiran ulama konvensional) yang terpengaruh oleh budaya patriarkis dalam hukum kewarisan Islam untuk menghukumi persoalan kewarisan pada masa sekarang, sedangkan Munawir Sjadzali mengemukakan gagasan Reaktualisasi Ajaran Islam dalam masalah kewarisan berangkat dari keprihatinan terhadap hukum kewarisan Islam yang menurut Munawir sudah banyak ditinggalkan oleh umat dengan melaksanakan pembagian harta yang tidak sesuai dengan ketentuan al-Qur’an. Menurut Munawir dan Shah}ru>r, hal tersebut menunjukan bahwa ada yang salah dari cara umat dalam melaksanakan hukum Islam, untuk itu sudah saatnya ada pembaruan dalam memahami hukum kewarisan Islam. Dalam kajian kedua tokoh tersebut mengenai hukum kewarisan Islam, Shah}ru>r menyarankan adanya penggabungan antara wasiat dan waris, yaitu dengan menyisihkan secara khusus sebagian dari harta untuk diwasiatkan, sedangkan sisanya dibagi berdasarkan mekanisme waris, agar dapat lebih menjamin keadilan dan kesetaraan, sedangkan menurut Munawir hal tersebut merupakan kebijakan mendahului, termasuk kategori bermain-main dengan agama, dan berbahaya bagi akidah dan keimanan. Kata kunci: Pemikiran, Pembaruan, Kewarisan Islam, Munawir Sjadzali, Muhammad Shahrur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:01
Last Modified: 02 Aug 2016 03:01
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item