Pembentukan Kualitas Belajar IPA Di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

Naeni Faidah Fitri, NIM : 1123310024 (2016) Pembentukan Kualitas Belajar IPA Di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
NAENI FAIDAH FITRI_PEMBENTUKAN KUALITAS BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah suatu kumpulan teori yang sistimatis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti eksperimen, observasi, dan penyelidikan sederhana sehingga terbentuk sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur dan suka bekerjasama. Melihat ruang lingkup IPA tersebut maka dalam mempelajari IPA memerlukan cara dan proses yang berbeda dengan ilmu pengetahuan lain.Cara dan proses belajar IPA bisa dilakukan dengan melakukan pengamatan peristiwa alam, diskusi, eksperimen sehingga siswa mengalami sendiri, kemudian dapat menarik kesimpulan dari kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara siswa dalam meningkatkan kualitas belajar IPA pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah Kramat kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field-research) yaitu penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait dengan peningkatan kualitas belajar IPA siswa MI Muhammadiyah Kramat. Obyek dalam penelitian ini adalah cara belajar IPA siswa kelas V MI Muhammadiyah Kramat kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas. Teknik analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif . Analisis kualitatif meliputi reduksi data, deskripsi data, display data, dan verifikasi data. Kuantitatif dengan menghitung prosentase hasil angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPA adalah dengan melakukan eksperimen, penyelidikan sederhana dan diskusi sebagai upaya dalam menanamkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA sehingga terbentuk kualitas belajar. Sedangkan pembentukan kualitas belajar yang dilakukan siswa adalah dengan penerapan strategi belajar, metode belajar dan belajar secara ilmiah. Dengan cara tersebut dapat tercapai kualitas dalam hasil belajar dan berkualitas dalam sikap. Kualitas hasil belajar adalah mendapatkan nilai yang bagus, sedangkan kualitas dalam sikap yaitu tertanamnya sikap ilmiah dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, kualitas belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:20
Last Modified: 02 Aug 2016 01:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item