Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Anak(StudiTerhadap 3 Keluarga di DesaBulupayung, kecamatanKesugihan,Kabupaten Cilacap)

ChalifahMustaqiimah, 1223101002 (2016) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Anak(StudiTerhadap 3 Keluarga di DesaBulupayung, kecamatanKesugihan,Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
CHALIFAH MUSTAQIIMAH (PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN ANAK (Studi Terhadap 3 Keluarga di Desa B~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap anak yang lahir kedunia ini dalam keadaan fitrah. Maka selanjutnya, yang mewarnai anak ialah orang tua, lingkungan dan pendidikan. Untuk membina fitrah (keberagamaan) yang diberikan Allah SWT, perlu adanya upaya yang tepat dan efektif. Keluarga merupakan tempat penanaman nilai moral agama melalui pemahaman, penyadaran dan praktek dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta iklim keagamaan di dalamnya. Di Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, terdapat 3 keluarga yang memperhatikan perilaku keberagamaan anak-anaknya yang notabene kedua orang tua sama-sama sibuk bekerja. Hal itu tercermin dalam perilaku anak sehari-hari. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana peran yang digunakan orang tua dalam meningkatkan perilaku keberagamaan anak pada 3 keluarga di Desa Bulupayung, KecamatanKesugihan, KabupatenCilacap? Subyek penelitian adalah orang tua dari 3 keluarga dan anak sebagai pendukung untuk mengetahui dampak dari penerapan upaya dalam meningkatkan perilaku keberagamaan anak. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sebagai proses awal analisis serta dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis meenggunakan analisis non angket atau kualitatif yang disajikan dengan metode deskriptif analisis. Dengan cara menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan menggunakan metode berpikir deduktif yang berangkat dari dasar pengetahuan yang bersifat umum ,kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian, menjelaskan bahwa ada 7 peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan perilaku keberagamaan anak pada 3 keluarga di Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, yaitu: keteladanan, adanya hadiah, pembiasaan, hafalan, menanamkan tauhid, memberikan motivasi, adanya pengendalian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua, perilaku keberagamaan anak
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 02 Aug 2016 00:35
Last Modified: 02 Aug 2016 00:35
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item